10 Sanggar Tari Piaman Tampil di KBKT

"Sanggar-sanggar yang akan tampil, membawakan 1 karya yang sebelumnya sebagian belum pernah ditampilkan."
Salah satu penampilan di Kampuang Bendang Kampung Tari. (Fadli)

Kiriman: Fadli

SEPULUH sanggar akhirnya dipastikan akan tampil dalam peringatan hari tari se dunia oleh Forum Batajau Seni Piaman bersama masyarakat Kampuang Bendang Sungai Sariak. Dalam gelaran yang bertajuk “Kampuang Bendang Kampung Tari (KBKT) ini” tiap penampil akan menghadirkan tari kreasi baru yang berangkat dari tari tradisi Minang, khususnya Piaman.

Ketua panitia, Mastajabul Hakum mengatakan kegiatan ini akan berlangsung pada tanggal 28 april 2019 di lapangan bola depan bekas SMEA Kampuang Bendang. “Rangkaian acara akan di mulai sejak pagi dengan workshop tari dan diskusi. Lalu dilanjutkan dengan penampilan pada malam hari nya,” sebutnya.

Sanggar-sanggar yang akan tampil, membawakan 1 karya yang sebelumnya sebagian belum pernah ditampilkan. “Semua karya ini adalah kreasi baru yang diciptakan oleh para koreografer muda Kabupaten Padang Pariaman dan Kota Pariaman,” sebutnya. Persiapan di lokasi acara menurut Mastajabul Hakum sudah dimulai sejak beberapa hari terakhir. “Lokasi sudah disiapkan oleh para pemuda. Materil untuk penataan artistik juga sudah disiapkan. Semua persiapan awal dibantu oleh para pemuda Kampuang Bendang,” katanya.

Siska Aprisia, aktifis tari Piaman menilai kegiatan ini akan sangat bersejarah dan penting dalam upaya pelestarian seni tari tradisi di masa yang akan datang. “Biasanya hari tari sedunia ini digelar oleh sanggar atau perkumpulan atau kampus-kampus seni. Kali ini digelar oleh masyarakat, bersama dengan para sneiman. Ini sangat luar biasa,” katanya.

Seni tari di Sumbar menurut Siska memang membutuhkan ruang tampil yang lebih banyak. Untuk itu, kesadaran berbagai pihak terutama masyarakat untuk menyediakan ruang itu sangatlah penting. “saya berharap Kampuang Bendang Kampung Tari akan menjadi geraka berkelanjutan,” sebut penggiat iven Piamanari ... Baca halaman selanjutnya