Hari Pahlawan Dimeriahkan dengan Bersepeda di Pasaman

"Bukan tidak mungkin ada di antara anak negeri yang tak lagi mengingat Hari Pahlawan."
Ilustrasi (Pixabay)

Komunitas Sepeda Pasaman (KSP) menggelar kegiatan bertajuk Lubuk Sikaping Adventure Badunsanak (LSAB), yang dihelat pada Sabtu (9/11/2019) besok.

Ketua Panitia Pelaksana, Anwir Salam, mengatakan, karena dilaksanakan terkait dengan peringatan Hari Pahlawan 2019, tujuan utama yang hendak disasar adalah bagaimana dari kegiatan tersebut masyarakat menyadari hari yang paling bersejarah dalam perjalanan panjang Indonesia menjadi sebuah bangsa yang merdeka dan berdaulat.

''Ini penting, karena disebabkan sejumlah hal, bukan tidak mungkin ada di antara anak negeri yang tak lagi mengingat Hari Pahlawan,'' ujarnya.

Diakui Anwir, setiap tahun pemerintah melakukan berbagai kegiatan memperingati dan memeriahkan Hari Pahlawan seperti upacara di kantor-kantor pemerintah dan aneka kegiatan seremonial lainnya. ''Kita khawatir, gema kegiatan seperti ini sangat terbatas, hanya di lingkungan aparat pemerintah saja, dan tidak sampai ke tengah masyarakat,'' tambahnya.

Dengan LSAB, tambah Anwir, diharapkan gema peringatan Hari Pahlawan akan sampai ke tengah masyarakat. ''Setidaknya masyarakat akan tahu  kegiatan LSAB terkait dengan peringatan Hari Pahlawan,'' ungkapnya.

BACA JUGA: Permudah Pelayanan Publik, PN Lubuk Sikaping Gandeng TV Andalas

Tujuan lain, menurut Anwir, untuk memasyarakatkan pemakaian sepeda sebagai alat transportasi masyarakat. ''Kita tahu, di tengah serbuan begitu banyak jenis alat transportasi modern, penggunaan sepeda semakin ditinggalkan oleh masyarakat,'' katanya. Dengan LSAB, disebutkan Anwir, diharapkan masyarakat tidak gengsi menggunakan sepeda sebagai alat transportasi yang sehat dan terbebas dari polusi.

Anwir berharap, LSAB yang baru pertama kali digelar itu ... Baca halaman selanjutnya