Fakhrizal, Disenangi dan Dicintai Masyarakat Dimanapun Berada

Fakhrizal
Fakhrizal (Ist)

Penulis: Rafki

Siapa yang tidak kenal dengan jenderal Fakhrizal , yang kini telah ditetapkan oleh KPU sebagai calon gubernur propinsi Sumatera Barat yang berpasangan dengan genius Umar.

baca juga: Nasrul Abit Bakal Perjuangkan Nasib Petani Gambir

Rupanya, Fakhrizal yang memiliki ciri khas berkumis ini adalah salah satu perwira tinggi dikepolisian. Ia juga mantan Kapolda Sumbar dan Kapolda di Kalimantan Tengah.

Selama menjabat Kapolda baik di Sumbar maupun di Kalteng, tidak pernah cacat dalam bertugas. Malahan ia disenangi dan dicintai oleh dikalangan masyarakat. Karena sosoknya yang mudah berbaur dengan siapa saja, baik dengan tokoh masyarakat, tokoh agama dan tokoh adat.

baca juga: Beberkan Trik Berbisnis di Tengah Pandemi, Audy Joinaldy: Coba Usaha Berbasis Digital

*Sosok yang peduli dengan siapapun*

Pria kelahiran Kamang Kabupaten Agam ini adalah seorang yang peduli dengan siapapun. Diantaranya adalah saat dirinya menjabat sebagai Direktur Intelijen di Jambi. Saat terjadi gempa bumi pada tahun 2009 di Sumbar, ia langsung terjun memberikan bantuan kepada masyarakat yang terkena dampak bencana gempa.

baca juga: Begini Keharuan Saat Korban Kerusahan Wamena Bertemu Nasrul Abit

Kemudian ketika ia menjabat Kapolda Kalteng. Merangkul semua pihak untuk bersama-sama dapat menjaga situasi keamanan dan kenyamanan. Tak itu saja, sebagai seorang perantau di kampung orang, dengan bukti cintanya kepada para perantau di Kalteng, diketahui bahwa Fakhrizal menggagas ide membangun sebuah tempat untuk pengumpulan orang Minang di Kalteng.

Tempat Balairung ini, digunakan sebagai tempat berkumpul dan bermusyawarahnya orang-orang Minang di Kalteng tepatnya di Kota Palangkaraya. Selain menggagas, Fakhrizal juga ikut membantu menyumbang demi terwujudnya serta terealisasinya pembangunan Balairung.

baca juga: Strategi Nasrul Abit Stabilkan Harga Gambir

Begitu juga ketika menjabat Kapolda Sumbar, seluruh para tokoh juga dirangkulnya. Kedekatan dan kepeduliannya kepada siapapun juga diapresiasi oleh masyarakat. Berbagai kegiatan yang diusung seperti perlombaan olahraga, event dan lain sebagainya juga ikut dibantu oleh Fakhrizal .

Bentuk cinta masyarakat kepadanya ini dibuktikan saat pelepasannya sebagai Kapolda Sumbar, diketahui ribuan masyarakat melepas dengan haru kepergian beliau baik dari kantor Polda Sumbar dan di Bandara BIM terhadap sosok jenderal Ninik mamak ini.

Melihat sosok Fakhrizal yang dekat dengan masyarakat dan gaya kepemimpinannya yang disukai banyak orang, membuat masyarakat ingin jenderal Ninik mamak ini maju sebagai gubernur Sumatera Barat untuk memimpin dan membangun Sumbar.

Karena Fakhrizal terlihat sebagai pemimpin yang berkarakter, peduli dengan masyarakat dan masyarakat pun sangat mencintai sosok seperti dirinya.

*Duet dengan Genius Umar*

Kini Fakhrizal maju sebagai calon Gubernur Sumbar yang berpasangan dengan Genius Umar. Genius Umar merupakan Walikota Pariaman.

Komitmen dan Konsisten Fakhrizal diperlihatkannya. Saat mencalonkan diri melalui jalur independen, ia memilih Genius Umar sebagai pasangannya. Dan saat maju melalui usungan partai politik, Fakhrizal menegaskan dirinya hanya mau berpasangan dengan Genius.

Dari sini saya melihat, kecocokan Fakhrizal memimpin Sumatera Barat yang berduet dengan Genius Umar. Fakhrizal merupakan sosok leader yang mumpuni, dan kemudian berpasangan dengan sosok birokrat, sehingga dengan demikian nantinya dapat menjadikan Sumbar menjadi lebih maju.

Editor: Khadijah