Mengintip Rahasia "ZIWBK" Perwakilan BKKBN Sumbar 2020

Piagam penghargaan ZIWBK yang diraih BKKBN Perwakilan Sumbar pada peringatan Hari Anti Korupsi lalu
Piagam penghargaan ZIWBK yang diraih BKKBN Perwakilan Sumbar pada peringatan Hari Anti Korupsi lalu (Ist)

Penulis : Filka Khairu Pratama, S.Sos

(ASN Perwakilan BKKBN Sumatera Barat)

baca juga: Berkah di Awal Tahun, Pelajar MTs Luki Berhasil Juara dalam 2 Lomba Sekaligus

KLIKPOSITIF - Sebagaimana yang diinformasikan menpan.go.id , sebanyak 763 unit kerja meraih predikat Wilayah Bebas dari Korupsi (WBK) serta Wilayah Birokrasi Bersih dan Melayani (WBBM) yang diberikan oleh Kementerian Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (PANRB), pada Senin, 21 Desember 2020, dalam rangkaian Peringatan Hari Anti-Korupsi Sedunia. Pada hari yang berbahagia itu, seluruh keluarga besar Perwakilan BKKBN Provinsi Sumatera Barat ikut mengucap syukur.

Pasalnya, Perwakilan BKKBN Provinsi Sumatera Barat berhasil meraih Predikat ZIWBK yang diberikan oleh Kementrian PAN-RB secara virtual. Sebuah harapan dan cita-cita seluruh jajaran, yang kini sudah berada dalam genggaman. Padahal, sebelumnya di semua satuan kerja (satker) BKKBN seluruh Indonesia yang diusulkan meraih ZI WBK ke tahap penilaian akhir ada 29 satuan kerja. Namun hanya lima satker di BKKBN tahun ini yang berhasil meraih Predikat ZI WBK, seperti Perwakilan BKKBN Sumatera Barat, Perwakilan BKKBN Jawa Barat, Perwakilan BKKBN Sulawesi Tengah, Direktorat Ketahanan Remaja BKKBN , dan Pusat Pendidikan dan Pelatihan BKKBN .

baca juga: Perkembangan KB di Sumbar Lima Besar Nasional

Pada kesempatan yang sama, Menteri PAN-RB, Tjahjo Kumolo menyampaikan, Kegiatan ini merupakan bentuk apresiasi terhadap instansi pemerintah dan unit kerja yang sungguh-sungguh melaksanakan pembangunan zona integritas sehingga masyarakat mendapat pelayanan yang prima dan berintegritas. Pencapaian Perwakilan BKKBN Sumatera Barat meraih ZIWBK tahun 2020, bukanlah tanpa alasan. Berawal dari Perintah Kepala Badan Kependudukan dan Keluarga Berencana Nasional Republik Indonesia ( BKKBN RI), Bapak Dr. (H.C) Hasto Wardoyo, Sp.OG(K) saat video conference Pokja Pengawasan RB tanggal 11 Oktober 2019 lalu, menegaskan bahwa "Membangun ZI WBK Itu Sudah Biasa, Kalau Tidak Bisa Membangun, Itu Yang Tidak Biasa". Hal ini membuat semua satuan kerja BKKBN seluruh Indonesia tersentak.

Bagaimana tidak, ditengah upaya pemerintah menciptakan sebuah iklim birokrasi melayani yang berkelas dunia, Kementrian Reformasi Pendayagunaan Aparatur Sipil Negara (Kemenpan-RB) telah mengeluarkan terobosan brilian dengan reformasi birokrasi yang salah satu indikatornya yaitu meraih predikat ZI WBK (Zona Integritas Wilayah Bebas Dari Korupsi). Hal ini kembali dipertegas oleh Inspektur Utama BKKBN , Bapak Ari Dwikora Tono, Ak., CA., M.Ec.Dev., CFrA., QIA. saat menjadi narasumber dalam Dialog Indonesia Tersenyum, dengan tema "Komitmen BKKBN dalam Zona Integritas" di GenRe Radio TV BKKBN Sumbar, pada 22 November 2020 lalu.

baca juga: BKKBN Sumbar Gandeng Ade Rizki Pratama dalam Advokasi dan KIE di Lubuk Basung, Tekankan Pentingnya Program Bangga Kencana

Inspektur Utama (Irtama) BKKBN memaparkan, Secara kelembagaan, BKKBN saat ini sedang mengoptimalkan capaian reformasi birokrasi. Upaya untuk mencapai itu melalui skema pencegahan korupsi, dan skema pelayanan publik. Nantinya, diharapkan manfaat nyata langsung dirasakan masyarakat. Hal ini tentunya sangat membantu capaian reformasi birokrasi yang bisa berujung pada peningkatan kesejahteraan nantinya, kalau banyak satker BKKBN memperoleh predikat ZI WBK.

Didalam BKKBN banyak unit kerja, jadi ZI menuju WBK merupakan miniatur reformasi birokrasi yang dibangun oleh setiap unit Lembaga dan Kementrian. Untuk itu, reformasi birokrasi menilai BKKBN secara lembaga keseluruhan, dapat dicapai melalui zona integritas yang diraih melalui unit kerja di BKKBN seluruh Indonesia.

baca juga: Kunker ke Dharmasraya, BKKBN Sumbar Dorong Pelaksanaan Program Bangga Kencana

Jadi, saat ini BKKBN sedang mengebut capaian reformasi birokrasi, melalui sektor pelayanan publik sebagai garda terdepan. Saat bersamaan, kita ingin mencegah korupsi, kolusi dan nepotisme (KKN) dan sangat ingin meningkatkan pelayanan publik, melalui peningkatan komitmen di enam area perubahan meliputi : manajemen perubahan, penataan tata laksana, penataan manajemen SDM, penguatan akuntabilitas kinerja, penguatan pengawasan, peningkatan kualitas pelayanan publik, tutup Irtama BKKBN .

Ibu Ir. Hj. Etna Estelita, M.Si bisa disebut sebagai Pelopor ZI WBK BKKBN . Sebuah sosok yang bisa inspirasi untuk kita semua sebagai abdi negara. Pasalnya, Beliau sukses meraih predikat ZI WBK saat menjadi Kepala Perwakilan BKKBN Bangka Belitung tahun 2019 dan yang terbaru, juga mengantarkan Perwakilan BKKBN Sumatera Barat tahun 2020 meraih ZI WBK yang diberikan Menpan RB, berkat tangan dingin Bu Nana, sapaan akrab Beliau.

Saat memenuhi undangan sebagai narasumber dari Pusdiklat BKKBN 30 Desember 2020 kemarin, Bu Nana memaparkan Kiat Meraih Predikat Wilayah Bebas dari Korupsi kepada Direktur dan Kepala Perwakilan BKKBN se Indonesia. Prestasi ZI WBK tahun 2020 ini merupakan prestasi kita semua, khususnya jajaran di Perwakilan BKKBN Sumatera Barat. Hal ini bisa terlihat dari inovasi pada semua sektor di enam area perubahan, seperti :

Pertama, manajemen perubahan. Perwakilan BKKBN Sumatera Barat melakukan penandatanganan pakta integritas dari pimpinan hingga seluruh jajaran, maklumat pelayanan yang terbuka sekaligus disaksikan khalayak umum, briefing rutin yang diikuti oleh seluruh jajaran, budaya kerja new normal dengan penerapan 3 M (masker, mencuci tangan dan menjaga jarak) dan membuat sistem pengendalian internal pemerintah (SPIP) secara berkala.

Kedua, Penataan Tatalaksana. Perwakilan BKKBN Sumatera Barat meningkatkan penggunaan teknologi informasi dalam proses manajemen pemerintahan diunit kerja, seperti : pada Subbag Kepegawaian ada aplikasi sivika, evisum dan simsdm. Subbag Perencanaan ada aplikasi sakti, smart, krisna, e monev bappenas dan morena. Standar operasional prosedur (SOP) setiap unit bidang dibuatkan dalam bentuk videografis dan diupload di youtube BKKBN Sumbar. Pelaporan data rutin Program Pembangunan Keluarga, Kependudukan dan KB melalui aplikasi SIGA. Selanjutnya aplikasi kutaraja (Buku Pintar Mitra Kerja) yang bisa diakses di google play store.

Ketiga, Penataan Sistem SDM. Perwakilan BKKBN Sumatera Barat melakukan pengisian laporan kinerja melalui aplikasi sivika dan evisum berbasis elektronik yang berdampak pada tunjangan kinerja. Selanjutnya, penerimaan pegawai ASN dan kontrak dilaksanakan secara transparan, dengan diumumkan lewat website dan media sosial kantor. Membuat reward dan punishment kepada pegawai. Meningkatnya profesionalitas SDM melalui berbagai jenis pelatihan yang rutin dilakukan.

Keempat, Penguatan akuntabilitas. Hal ini ditandai dengan peningkatan kinerja BKKBN Sumatera Barat sebagai instansi pemerintah. Hasil evaluasi kinerja atas kegiatan prioritas peningkatan kesehatan ibu, anak, keluarga berencana dan kesehatan reproduksi oleh BPKP sebesar 85,36 (Predikat Sangat Berhasil). Level maturitas SPIP Perwakilan BKKBN Sumatera Barat pada posisi 3,285 (Predikat Level Terdefenisi). Hasil penilaian SAKIP menjadi 60,52 (Predikat B).

Kelima, Penguatan Pengawasan. Pada sektor ini, seluruh ASN BKKBN Sumatera Barat telah melaporkan LHKASN. Begitupun LHKPN bagi pejabat di BKKBN Sumatera Barat. Melaksanakan kampanye publik, dengan deklarasi pada acara rakorda, poster dan banner. Mengoptimalkan fungsi whistle blowing dan kontak pengaduan layanan masyarakat.

Keenam, Penguatan Pelayanan Publik. Perwakilan BKKBN Sumatera Barat membuat ruangan data center, yang mengakomodir semua kebutuhan data terkait Program Pembangunan Keluarga, Kependudukan dan KB. Selanjutnya, semua pelayanan bersifat gratis, mulai dari pelayanan kb, rumah keluargaku dan data senter. Informasi Program Bangga Kencana yang diberikan bisa diakses dalam genggaman, dan bisa diakses kapan saja serta dimana saja. Hasilnya, Indeks persepsi anti korupsi dan indeks kepuasan publik oleh mitra kerja mutlak dilajukan untuk meraih ZI menuju WBK. Indeks Penilaian ZIWBK Perwakilan BKKBN Sumatera Barat memperoleh nilai tertinggi dengan 96,96.

Selanjutnya, pada masa pandemi covid 19, Perwakilan BKKBN Sumatera Barat aktif menciptakan inovasi guna memberikan kemudahan layanan kepada masyarakat, seperti :

Pertama, melibatkan Go Jek dalam menyebarluaskan flyer informasi kb dan rubrik media cetak kepada pelanggannya. Kedua, menyediakan tempat yang didesain khusus untuk taman cuci tangan dan prosedur protokol kesehatan dilingkungan kantor. Ketiga, pelayanan rumah keluargaku yang menyediakan layanan konsultasi tentang keluarga dengan para pakar, yang sifatnya gratis. Keempat, menciptakan film pendek coga (corona dan keluarga) untuk mengedukasi masyarakat agar mau berkb selama pandemi. Kelima, memberikan layanan dan informasi berbasis internet sehingga bisa diakses oleh semua pihak.

Sebelum meraih Penghargaan ZI WBK, Perwakilan BKKBN Sumatera Barat sebenarnya sudah dibanjiri berbagai prestasi tingkat nasional. Pertama, Juara I Nasional Duta GenRe Putri 2020, Nominasi Terbaik Nasional GenRe Radio TV 2020, Juara Umum Nasional Adpin Awards 2020, Juara II Nasional Inovasi Gerakan Cegah Putus Pakai KB Selama Pandemi Covid 19 2010, Juara III Nasional Lomba PKBRS Rumah Sakit Type C 2020, Juara Harapan II Nasional Pelayanan KB Sejuta Akseptor 2020, dan Lingkungan Kantor Terbaik Nasional 2019.

Terakhir, Ibu Nana berpesan agar semua pihak bisa menyatukan visi bersama untuk meraih Predikat ZI WBK, mulai dari pimpinan hingga bawahan. ZI WBK merupakan apresiasi yang diberikan oleh Kemenpan RB kepada instansi tertentu, karena dinilai telah memiliki standar pelayanan publik yang baik. Berkat kebersamaan dan kerja keras kita semua, akhirnya Allah SWT mengabulkan doa dan harapan kita semua untuk manfaat Program Bangga Kencana yang lebih terasa di Sumatera Barat, tentunya. Semoga bisa menginspirasi kita semua sebagai abdi negara untuk menciptakan inovasi, guna bisa memberikan pelayanan terbaik kepada masyarakat.

Editor: Khadijah