SPNF SKB Wilayah 1 Kota Padang Gelar Program Pengabdian Masyarakat

Aksi Bersih-bersih Sungai dan Pantai
Aksi Bersih-bersih Sungai dan Pantai\" yang telah direalisasikan pada hari Selasa, 23 Februari 2021 (Ist)

KLIKPOSITIF - Sesuai Peraturan Walikota Padang Nomor 17 Tahun 2017 tentang Pengalihan Fungsi Sanggar Kegiatan Belajar (SKB) menjadi Satuan Pendidikan Non Formal (SPNF), tugas SPNF SKB diantaranya adalah melaksanakan tugas pengabdian masyarakat.

Salah satu program yang direncanakan untuk dilaksanakan oleh SPNF SKB Wilayah 1 Kota Padang di tahun 2021 ini adalah program "Aksi Bersih-bersih Sungai dan Pantai" yang telah direalisasikan pada hari Selasa, 23 Februari 2021 di Kelurahan Bungo Pasang dan Kelurahan Pasir Nan Tigo.

baca juga: Elkan Baggott Tutup Kolom Komentar di Instagram, Netizen Indonesia Serang Akun Klub Ipswich Town FC

Hal ini dimaksudkan sebagai salah satu ragi belajar dan meningkatkan kepedulian peserta didik program kesetaraan terhadap lingkungan. Selain itu juga untuk menjalin silaturrahmi dan keakraban diantara warga belajar itu sendiri karena dengan situasi pandemi seperti ini mereka jarang bertemu untuk melakukan pembelajaran tatap muka.

Beberapa diantara warga belajar tersebut ada yang memilih moda belajar secara daring dan dengan sistem modul. Selain itu juga karena lokasi belajar mereka yang berbeda. Selain di SKB, tempat belajar program kesetaraan ini ada yang di Kelurahan Aur Duri, Ulak Karang dan Anak Air.

baca juga: Unggah Potret Ariel Tatum di Ranjang, Komen Ayu Dewi Diserbu Netizen

Di samping itu, kegiatan ini juga sebagai bentuk eksistensi SPNF SKB Wilayah 1 Kota Padang ditengah masyarakat di wilayah kerja. Transportasi ke dan dari lokasi menggunakan Bis yang difasilitasi oleh DPRD Propinsi Sumatera Barat, demikian disampaikan oleh Nova Devista selaku Kepala SPNF SKB Wilayah 1 Kota Padang didampingi oleh Ramandha Ade selaku Koordinator Program Pengabdian Masyarakat dan Arif Nur Rohman selaku Ketua Pelaksana Program Aksi Bersih-bersih Sungai dan Pantai.

Selanjutnya, Nova menjelaskan bahwa satu minggu sebelum ini SPNF SKB Wilayah 1 Kota Padang juga telah menggelar Program Pengabdian Masyarakat bagi Pendidik PAUD yaitu kegiatan "Diseminasi Model Pembelajaran Kebun Pintar bermuatan STEAM" kepada perwakilan Pendidik PAUD di wilayah kerja SPNF SKB Wilayah 1 Kota Padang bekerjasama dengan BPPAUD dan Dikmas Sumatera Barat yang dilaksanakan secara luring dan daring.

baca juga: Dapat Ancaman dari Netizen, Mas Ken Alias Atta Halilintar KW Mengaku Tak Bisa Tidur Semalaman

Kegiatan ini dimaksudkan untuk meningkatkan kompetensi Pendidik PAUD dalam menerapkan model pembelajaran di PAUD. Semoga kegiatan ini bermanfaat dan mencapai tujuan sebagaimana yang diharapkan tutup Nova yang diamini oleh Fauzia selaku Ketua Pelaksana program.

Editor: Khadijah